5.25.2014

Pecat


From: A.Syauqi Yahya


SABTU, 24 MEI 2014 | 16:26 WIB

Senin Depan, SBY Mungkin Pecat Suryadharma 
TEMPO.CO, Jakarta - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono akan memanggil Menteri Agama Suryadharma Ali dalam kaitan dengan penetapannya sebagai tersangka dugaan kasus korupsi dana haji 2012-2013 oleh Komisi Pemberantasan Korupsi. SBY akan mendengarkan penjelasan Suryadharma sebelum mengambil keputusan ihwal pemecatan Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan tersebut dari Kabinet Indonesia Bersatu II.

"Besar kemungkinannya (diberhentikan). Mudah-mudahan Senin," kata Menteri-Sekretaris Negara Sudi Silalahi di Bandara Halim Perdanakusuma, Sabtu, 24 Mei 2014.

Juru bicara presiden, Julian Aldrin Pasha, menyatakan SBY bersikap netral dan sama terhadap pejabat tinggi atau menteri dalam kabinetnya yang terjerat kasus hukum. Menurut dia, SBY mendukung penegakan keadilan terhadap seluruh masyarakat, termasuk jajaran menteri.

Status dan jabatan menteri, menurut Julian, juga terkait dengan SBY sebagai pihak yang berwenang memilih dan melantik seorang menteri. SBY disebut memiliki hak perogratif untuk mempertimbangkan dan memutuskan pencopotan setiap petinggi lembaga atau menteri di pemerintahannya.

SBY sendiri mendapat kabar penetapan Suryadharma sebagai tersangka dari Wakil Presiden Boediono. Julian mengklaim SBY belum menerima surat pemberitahuan dari KPK karena sedang dalam kunjungan kenegaraan ke Filipina sejak 22 Mei lalu. "Kami baru sampai hari ini. Belum dengar ada surat putusan itu," kata Julian.

--

Tidak ada komentar:

Posting Komentar