5.24.2014

Ingat, saat itu kita sedang krisis.


From: <syauqiyahya@gmail.com>



http://m.tempo.co/read/
news/2012/11/20/087442857/Faktor-Psikologis-Selamatkan-Century-Dinilai-Tepat

Selasa, 20 November 2012 | 12:17 WIB


Faktor Psikologis Selamatkan Century Dinilai Tepat  

TEMPO.CO, Jakarta - Kepala Ekonom Standard Chartered Bank, Fauzi Ichsan, menilai kebijakan Bank Indonesia melakukan bail-out terhadap Bank Century sudah tepat. Indikator dampak sistemik, yakni faktor psikologis, juga dinilai tepat digunakan untuk menyelamatkan bank tersebut di masa lalu.

"Jika penyelamatan Bank Century untuk kebijakan makro, itu memang harus dilakukan. Saya setuju karena saat itu terjadi krisis yang bisa berdampak rush," kata Fauzi saat dihubungi, Selasa, 20 November 2012.

Pernyataan ini merespons sikap penyelidik Komisi Pemberantasan Korupsi yang mempertanyakan adanya indikator baru dalam menentukan suatu bank untuk diselamatkan. Faktor psikologis ini muncul saat rapat dewan gubernur Bank Indonesia pada 20 November 2008. Sumber Tempo di KPK menyebutkan, penyelidik tak menemukan dasar perhitungan untuk mengukur indikator tersebut.

Berbeda dengan syarat pemberian fasilitas pinjaman jangka pendek (FPJP) yang diatur oleh peraturan Bank Indonesia sebelumnya, yakni bank tersebut harus memiliki capital adequacy ratio (CAR) minimal 8 persen.

Dalam gelar perkara yang dilakukan KPK kemarin, ditemukan ada tindak pidana korupsi yang menimbulkan kerugian negara yang dilakukan pejabat Bank Indonesia. Tindak pidana itu terlihat dari penyalahgunaan wewenang dalam pemberian FPJP tersebut.

Pasalnya, saat mengajukan FPJP, Bank Century hanya memiliki 2,35 persen CAR. BI kemudian mengubah persyaratan dari semula CAR minimal 8 persen menjadi CAR positif. Padahal, Century satu-satunya bank yang memiliki CAR di bawah 8 persen.

Lebih jauh, menurut Fauzi, dua kebijakan bank sentral yaitu mengubah persyaratan pemberian fasilitas pinjaman jangka pendek atau FPJP yang sebelumnya harus mempunyai CAR 8 persen menjadi CAR positif, dan kriteria baru indikator dampak sistemik, yakni faktor psikologis, sudah tepat.

"Sederhananya, jika Bank Century yang kecil dibiarkan tutup, tidak menutup kemungkinan nasabah di bank kecil lain panik dan akan menarik uangnya. Ini dampak psikologis dan bisa menimbulkan rush," katanya. "Ingat, saat itu kita sedang krisis."

ANGGA SUKMA WIJAYA


Tidak ada komentar:

Posting Komentar