4.30.2014

Tdk Gegabah Seperti Esemka


M Nuh Ungkit Mobil Esemka

KOMPAS.com/Indra Akuntono

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh

Selasa, 29 April 2014 | 21:36 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com -- Menteri Pendidikan dan Kebudayaan M Nuh sempat mengungkit mobil nasional Esemka yang pernah dipopulerkan mantan Wali Kota Surakarta Joko Widodo. Hal ini diungkapkan pada Pameran Mobil Listrik Nasional ITS (Institut Teknologi Sepuluh Nopember) di Jakarta, Selasa (29/4/2014).

Ia membandingkan konsep pembuatan mobil listrik Esemka dengan buatan ITS. Menurut dia, mobil Esemka tidak berdasarkan penelitian dan dinilai asal-asalan.

"Terus terang, kami (Kemendikbud dan ITS) tidak mau gegabah membuat mobil berbasis tenaga listrik, seperti mobil Esemka yang dilakukan pembuatan dulu, baru diperkenalkan," ujar Nuh, Selasa.

"Sementara mobil yang dibuat oleh tim perguruan tinggi ITS ini, dilakukan research dulu, uji coba, lalu evaluasi. Jadi tidak gegabah, seperti kecelakaan pembuatan mobil Esemka," ungkapnya kembali kepada wartawan.

Sebelumnya diberitakan, pada pameran tersebut, ITS resmi meluncurkan empat prototipe mobil. Menurut rencana, keempatnya akan melakukan uji coba perdana dengan melintasi Jakarta-Surabaya pada 2-6 Mei 2014.

Penulis: Nadia Zahra
Editor: Hindra Liauw

Tidak ada komentar:

Posting Komentar