4.10.2014

'Isih Penak Zaman Soeharto' ......gagal


From: A.Syauqi Yahya

Rabu, 09/04/2014 19:56 WIB

Tren Quick Count

Slogan 'Isih Penak Zaman Soeharto' Gagal Dongkrak Suara Golkar

ERWIN DARIYANTO - detikNews

Hasil Pemilu 2014 Mengejutkan

Jakarta - Hasil hitung cepat Centre for Strategic and International Studies (CSIS) dan Cyrus Network (CN) hingga pukul 19.00 WIB malam ini menunjukkan perolehan suara Partai Golongan Karya menyentuh 14,40 persen.

Angka ini tak jauh beda dengan raihan suara partai berlambang pohon beringin itu pada pemilihan umum 2009 lalu yang sebesar 14,45 persen. Apa upaya Partai Golongan Karya untuk meraup perolehan suara pada pemilu tahun ini?

Sejak runtuhnya Orde Baru, untuk pertama kalinya dalam pemilihan umum tahun ini Partai Golkar menjual nama mantan Presiden Soeharto. Dalam kampanyenya Ketua Umum Partai Golkar Aburizal Bakrie selalu membanggakan masa keemasan Orde Baru. "Orde Baru tetap yang terbaik dan Golkar tetap mempunyai pengalaman yang terbaik," kata pria yang akrab disapa Ical itu saat berkampanye di Surakarta, Jawa Tengah akhir Maret lalu.

Partai Golkar juga menggandeng putri mendiang Soeharto, Siti Hediati Hariyadi alias Titiek Soeharto sebagai salah satu calon anggota legislatif. Titiek menjadi caleg Dewan Perwakilan Rakyat RI urutan pertama untuk daerah pemilihan Yogyakarta.

Titiek juga 'menjual' kesuksesan Orde Baru saat berkampanye. Slogan, 'isih penak zamanku to' berulangkali dia teriakan di depan massa partai berlambang pohon beringin. Menurut dia, munculnya slogan 'isih penah zamanku to', dalam berbagai versi merupakan bentuk protes masyarakat atas kondisi bangsa saat ini.

Sayang slogan 'Isih penak zaman Soeharto' gagal mendongkrak perolehan suara Partai Golkar. Meski Partai Golkar yang hanya memperoleh 14,45 persen suara, Aburizal yakin tetap dapat melaju ke pemilihan presiden pada Juli mendatang.

"Kursi DPR nasional Partai Golkar sekitar 112 kursi melihat dan membaca di layar tadi," ujar Ical di kantor DPP Golkar Jalan Anggrek Nelly, Jakarta Barat, Rabu (9/4/2014). Keyakinan yang sama juga disampaikan Wakil Ketua Golkar Cicip Sharif Sutardjo. "Kita yakin mendapatkan kursi sekitar 15 persen suara," kata Cicip.

--

Tidak ada komentar:

Posting Komentar