3.12.2014

Cak Imin Cari Aman


From: Boediono





Selasa, 11 Maret 2014 | 22:30 WIB

Ini Alasan PKB Ingin Koalisi dengan PDIP di 2014

Oleh: Ajat M Fajar

⁠⁠



Sekretaris Fraksi PKB DPR RI, M Hanif Dhakiri - ist

INILAHCOM, Jakarta - Partai Kebangkitan Bangasa (PKB) tertarik juga untuk berkoalisi dengan PDI Perjuangan dengan didasari atas kesamaan basis massa. Sebab, PKB dan PDI Perjuangan sama-sama memiliki basis massa di pedesaan.

"Jika ditanya soal koalisi dengan PDI Perjuangan, kita terbuka. Begitu juga dengan partai lain. Apalagi, PDIP dan PKB memiliki irisan ideologis dan juga irisan konstituensi politik," kata Sekretaris Fraksi PKB DPR RI, M Hanif Dhakiri, di Jakarta, Selasa (11/3/2014).

Menurutnya, secara ideologis PKB maupun PDIP memiliki irisan yang besar dalam hal nasionalisme, visi kedaulatan Indonesia 100 persen di bidang politik, ekonomi maupun kebudayaan. Dari segi konstituensi politik, baik PKB maupun PDIP pun dominan di basis pedesaan.

"Desa-desa itu umumnya berisikan warga Nahdliyin dan kaum Marhaen, jadi tak ada masalah di tingkat akar rumput. Dan ini memang saat Indonesia membangun desa, saatnya desa mengepung kota," tegas Hanif.

Meski telah merancang wacana tersebut, Hanif melanjutkan, PKB baru memutuskan langkah pasca Pemilu legislatif (Pileg) pada 9 April mendatang. Saat ini, partainya dan PDIP tengah berproses komunikasi politik di berbagai level.

"Kami berharap, Pemilu tahun ini menghasilkan kepemimpinan politik yang mencerminkan realitas sosiologis masyarakat Indonesia. Jika koalisi berdasar pada hasil Pemilu legislatif semata, itu sifatnya taktis dan jangka pendek. Kami ingin koalisi yang lebih strategis, permanen dan jangka panjang," ujar Ketua Umum DKN Garda Bangsa ini.[ris]

⁠⁠

Berita Terkait

PDIP Tak Mau Berspekulasi Soal Duet Jokowi-Hatta

PDIP Curigai Maksud Prediksi SBY di Pemilu 2014

Jika Gabung PDIP, Jumhur Dianggap Wakili Buruh

Golkar: Semua Partai Pasti Berkoalisi

Dua Tahun Megawati Ungguli 10 Tahun SBY Memimpin


Tidak ada komentar:

Posting Komentar