12.13.2013

Politik Dagang Sapi


Dari: "A.Syauqi Yahya"

> "Ngotot" Panggil Boediono, Bumerang buat DPR
>
> Kamis, 12 Desember 2013 | 19:15 WIB
>
> JAKARTA, KOMPAS.com — Dewan Perwakilan Rakyat disarankan tidak perlu mendesak Wakil Presiden Boediono untuk memenuhi panggilan Tim Pengawas Bank Century DPR. Jika terus mendesak, pemanggilan itu dinilai bakal menjadi bumerang bagi DPR.
>
> "Secara politik tidak bagus buat DPR kalau ngotot memanggil Boediono meskipun mereka punya kewenangan. Jangan sampai kengototan memanggil Boediono jadi bumerang buat DPR," kata pengamat politik Burhanuddin Muhtadi di Jakarta, Kamis (12/12/2013).
>
> Sebelumnya, DPR telah mengirimkan surat kepada Boediono untuk hadir memenuhi panggilan Timwas Century pada 18 Desember 2013.
>
> Namun, Boediono memastikan tidak akan hadir dengan berbagai alasan, seperti bakal mengganggu proses hukum, menganggap proses politik di DPR sudah selesai, dan Timwas tak lagi memiliki kewenangan memanggil.
>
> Burhanuddin menduga Boediono memiliki pertimbangan politik untuk menolak hadir. Boediono memanfaatkan sentimen negatif publik terhadap DPR setelah para politisi di DPR terlibat berbagai kasus seperti korupsi.
>
> "Memang DPR bersih-bersih amat? Kan enggak. Itu yang dimanfaatkan Boediono untuk menolak hadir. Publik akan menganggap DPR punya agenda politik tersembunyi. Itu menguntungkan Boediono secara politik. Jadi, hati-hati dengan pemanggilan," kata Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia itu.
>
> Sudah selesai
>
> Burhanuddin berpendapat, proses politik terkait Century sudah selesai setelah DPR memutuskan Boediono selaku Gubernur Bank Indonesia ketika itu bertanggung jawab atas pengucuran dana talangan senilai Rp 6,7 miliar. Sekarang, kata dia, menjadi ranah hukum di Komisi Pemberantasan Korupsi.
>
> "DPR langsung saja menggunakan hak menyatakan pendapat (HMP). Jadi, tidak lagi berkutat pada wilayah yang sudah diselesaikan DPR beberapa tahun lalu," kata Burhanuddin.
>
> Namun, Burhanuddin yakin kalangan DPR tidak akan mau menggunakan HMP jika KPK belum menyatakan Boediono terlibat dalam kasus Century. Hingga saat ini, Boediono masih sebagai saksi.
>
> "Lagi-lagi ini politik dagang sapi. Menjelang pemilu, ada tarik-menarik di internal koalisi untuk menaikkan posisi tawar. Kalau sudah seperti itu, kita tahu siapa yang paling pintar memainkannya," kata dia sambil tertawa.
>
> Penulis: Sandro Gatra
> Editor: Heru Margianto
>
> --
> --

Tidak ada komentar:

Posting Komentar