11.10.2013

Semburan di Ladang Gas Mahakam, Pekerja Dievakuasi

Dari: "A.Syauqi Yahya"

> SABTU, 09 NOVEMBER 2013 | 16:36 WIB
>
> Semburan di Ladang Gas Mahakam, Pekerja Dievakuasi
>
> Blok Mahakam. TEMPO/Firman Hidayat
>
>
> TEMPO.CO, Jakarta - Gas menyembur dari dalam ladang gas TN-C414 milik Total E&P Indonesia di Lapangan Tunu, Blok Mahakam, Kutai Kertanegara, Kalimantan Timur. Sekalipun ringan dan dangkal, semburan yag terjadi Jumat 8 November 2013 jelang tengah malam itu memicu evakuasi terhadap para pekerja.
>
> "Semua pekerja telah dievakuasi ke fasilitas akomodasi terdekat," ujar Corporate Communication Manager Total, Reda Gaudiamoa, dalam keterangan tertulis Sabtu 9 November 2013.
>
> Reda menjelaskan, semburan gas berasal dari sumur yang sedang dibor dengan menggunakan rig Raissa. Gas yang menyembur tersebut berasal dari reservoir dangkal dengan tidak terindikasi adanya likuid.
>
> Reda menyatakan tak ada korban jiwa maupun luka akibat insiden ini. Namun sebagai tindakan pencegahan, Total E&P tetap melakukan evakuasi.
>
> Saat ini, kata Reda, insiden semburan ringan gas dangkal masih terus dipantau dan tidak ada api. Kapal-kapal pengawas telah bersiaga di sekitar lapangan minyak itu. "Pada tahap ini, berdasarkan pengamatan dari udara, tidak terlihat tumpahan minyak di perairan sekitar," ujarnya.
>
> Reda juga mengklaim, insiden tidak sampai mempengaruhi produksi. Total E&P Indonésie kini memproduksi 800 million standard cubic feet per day (MMSCFD) dari lapangan Tunu, dari keseluruhan produksi sebesar 1700 MMSCFD di Blok Mahakam.
>
> PINGIT ARIA
>.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar