11.06.2013

Mesin Tak Pernah Demo !

Dari: "A.Syauqi Yahya"

> Rabu, 06/11/2013 13:02 WIB
>
> Faisal Basri: Pengusaha Pilih Mesin karena Mesin Tak Pernah Demo
>
> Wiji Nurhayat - detikFinance
>
> TOPIK TERHANGAT
> Buruh Menuntut (Lagi) Kenaikan Upah
> Jakarta - Para pengusaha ketar-ketir soal upah minimum provinsi (UMP) di Indonesia naik setiap tahun. Sehingga mereka membuat strategi untuk menekan ongkos upah yaitu mengganti tenaga manusia dengan mesin.
>
> Pengamat Ekonomi Faisal Basri mengatakan wajar apabila para pengusaha lebih memilih mesin sebagai alat penggerak produksi mereka. Faisal beralasan penggunaan mesin jauh lebih cepat, dan mesin juga tidak pernah berdemo seperti buruh.
>
> "Pengusaha lebih memilih mengganti mesin karena mesin itu nggak pernah demo dan ada percepatan kerja di sana," ungkap Faisal di acara Apindo Training Center di Hotel Grand Melia, Jakarta, Rabu (6/11/2013).
>
> Sependapat dengan Faisal, Sekretaris Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Suryadi Sasmita mengakui kenaikan upah minimum buruh sangat memberatkan teman-temannya sesama pengusaha. Menurutnya hanya ada dua cara yang bisa dilakukan pengusaha yaitu relokasi atau mengganti tenaga manusia dengan mesin.
>
> "Pengusaha juga merasa tidak puas atas keputusan upah minimum tahun ini tetapi pengusaha harus jalankan sekalipun pengusaha mengambil beberapa langkah seperti relokasi dan ekspansi ke daerah dengan upah buruh yang kompetitif dan menggantinya dengan mesin," imbuhnya.
>
> Suryadi mengingatkan para buruh agar tidak saja memperjuangkan kenaikan upah tetapi meningkatkan produktivitas mereka. Dengan keterbatasan pendidikan, buruh di Indonesia diprediksi akan kalah bersaing dengan tenaga kerja asing.
>
> "Menurut Bank Dunia saja produktivitas tenaga kerja kita peringkat ke-103 di dunia ini yang harus kita perbaiki. Jangan sampai kita kalah dengan tenaga kerja asing terutama di tahun 2015 saat pasar bebas ASEAN diberlakukan," jelasnya
>
> --
> -

Tidak ada komentar:

Posting Komentar