11.27.2013

RI Kaya Listrik Tenaga Air, Sayang Minim Digunakan


Dari: "Suhardono"

> RI Kaya Listrik Tenaga Air, Sayang Minim Digunakan
> Zulfi Suhendra - detikfinance
> Rabu, 27/11/2013 11:07 WIB
>
>  
>
> Jakarta -Banyak bendungan dan sumber daya air yang kaya di Indonesia potensial dijadikan sumber daya listrik. Sayangnya, potensi tersebut belum banyak dimanfaatkan.
>
> Direktur Utama PT PLN (Persero) Nur Pamudji mengatakan, potensi listrik dari sumber daya air mencapai 75.000 megawatt (MW). Namun yang dimanfaatkan baru sekitar 4.000 MW atau 6% dari potensi.
>
> "Kontribusi tenaga air di pembangkit tenaga listrik 6%. Kebutuhan listrik tumbuh 8-9%. Kita terus membangun PLTA," kata Nur Pamudji di acara Seminar Nasional Pembangunan dan Pengelolaan Bendungan 2013 di Kantor PLN Pusat, Jakarta, Rabu (27/11/2013).
>
> Nur mengatakan, tidaklah mudah untuk membuat sebuah pembangkit listrik. Untuk membangun sebuah pembangkit listrik bersumber dari air bendungan, kendala yang dihadapi didominasi terkait masalah perizinan di samping masalah finansial.
>
> Menurut UU, perizinan untuk membuat PLTA menurut Nur kini diserahkan pada pemerintah daerah setempat.
>
> "Perizinan berada di bupati dan gubernur itu tantangan sendiri. PLN sendiri pernah menunggu izin diterbitkan selama 8 tahun, itu mengambil dana," kata dia.
>
> Beberapa PLTA dalam waktu dekat akan dibangun baik oleh pemerintah dan pengembang. PLTA tersebut di antaranya berada di Sumatera, Jawa Barat, Sulawesi, Papua, dan daerah lain yang total kapasitas daya terpasangnya direncanakan mencapai 7.000 MW hingga tahun 2021.
>
> --
> --

Tidak ada komentar:

Posting Komentar