11.28.2013

Defensive medicine


Dari: <anishariri@gmail.com>

>
> Dari sebelah. Begini jadinya nanti para dokter ketakutan dikriminalkan...wah ngeri juga ya :)
>
> Defensive medicine
>
> cth:1
> pasien : dok saya sakit kepala,
> dr: ok, anda perlu cek darah dulu,
> pasien: harus dok?
> dr: iya, kalau boleh sekalian foto rontgen.
> pasien: ?? sapa tahu sinus ya dok?
> dr: benar, lebih baik lagi kalau anda ct-scan kalau perlu mri
> pasien: sebegitunya dok???
> dr: ya, biar pasti bukan tumor atau yg lainnya.
> pasien: kasih obat saja dok.
> dr: saya kasih, smga bisa meredakan, tapi ada efek sampingnya loh bla...bla....
> pasien: jadi dok?
> dr: utk mncegah efek sampingnya, akan saya beri obat juga, tapi obat ini efek sampingnya bla.. bla....
> pasien: efek sampingnya bisa berbahaya dok?
> dr: bisa, bila alergi, bhkn kmatian.
> pasien: serius dok!
> dr: saya serius, sapa main2.
> pasien: nangis... makin sakit kepala dok.. saya pulang saja dok.
> dr: ???
>
> cth2
> dr: dari semua hasil pemeriksaan, anda terkena dbd.
> pasien: jd bgmn selanjutnya dok??
> dr: saya rawat, pasang infus ya.
> pasien: ok dok
> dr: resiko pemasangan infus bla... bla.... walau tdk kita inginkan bisa berbahaya.
> pasien: mksdnya?
> dr: bisa ada resiko emboli, saya upayakan terbaiklah, walau sulit diselamatkan.
> pasien: jgn infus dok!!!
> dr: itu hak anda, nanti bisa pendarahan, gawat juga.
> pasien: jd dok, psg infus ada resiko emboli, ngak infus bisa perdarahan?
> dr: iya, jadi??
> pasien: gelaaap dok,
>
> cth3
> org: dok, ada kecelakan, orgnya dah ngak sadar. tolongin dok...
> dr: cepat... keluarganya mana? MANA???
> org: buat apa dok??
> dr: izin
> org: mana ketehe dok?
> dr: lapor polisi!!!
> org: utk apa??
> dr: nyari keluarganya.
> org: darurat dok, yg terbaik saja.
> dr: terbaik bg saya blum tentu terbaik mnrut dua/keluarga/jaksa. ntar ps. 359 kuhp!!!
> org: jadi dok??
> dr: kalau begini jgn ke dokter, ke polisi dulu, nyari keluarga.
>

Tidak ada komentar:

Posting Komentar