12.29.2014

Yang kecelakaan adalah Indonesian AirAsia, bukan Malaysia


From: A.Syauqi Yahya 


Yang kecelakaan adalah Indonesian AirAsia, bukan Malaysia

Isk_harun
29 Dec 2014 | 16:36
Pesawat AirAsia yang mengalami musibah QZ8501 adalah pesawat dari AirAsia Indonesia dan beregestrasi Indonesia PK-AXC. Jadi yang kena musibah adalah petusahaan Indonesia .
..
Memang aslinya AirAsia adalah perusahaan LCC Malaysia dengan Tony Fernandes sebagai bosnya. Namun dalam perjalanan waktu perusahaan ini menemukan keterbatasan operasinya kalau sebagai maskapai Malaysia saja.
.
Sebagai maskapai Malaysia dia hanya bisa dapat izin terbang komersial dari Malaysia kesatu titik di LN.  Umpama dia hanya bisa dari KL ke Singapore p.p. dan tidak bisa Singapore -Jakarta atau Singapore- Surabaya. Dia juga tidak mungkin buka line Manila - Bangkok.
.
Untuk mengatasi keterbatasan itu dia dirikan  AirAsia Indonesia. Caranya membeli saham AWAIR yang hampir bangkrut. Dengan beli murah dia mendapatkan line-2 dalam negeri dan luar negeri. Jadi maskapai ini tunduk pada aturan-2 penerbangan sipil Indonesia.
.
Dari Indonesia dia buka line Bali -Perth , dan kota-2 Indonesia ke Malaysia dan Singapore.
.
Tidak puas menguasai pasar Indonesia , AirAsia membuka juga Airasia India, Thailand, Phillipine, Japan. Dana ada lagi AirAsiaX untuk jarang jauh.
.
Jadi secara hukum , yang kena musibah adalah Indonesia, bukan Malaysia. Walaupum semua orang maklum AirAsia adalah Malaysia.
.
Saya dengar  Lion Air juga pakai strategis yanng sama dengan membuka Airline di Malaysia.

--
--

Tidak ada komentar:

Posting Komentar