12.01.2014

KPK Buka Penyelidikan Baru Terkait Korupsi Haji 2010-2011


From: Ananto pratikno.ananto

 

Komisi Pemberantasan Korupsi membuka penyelidikan baru dalam kasus dugaan korupsi penyelenggaraan haji. Wakil Ketua KPK Busyro Muqoddas mengatakan, hal tersebut dilakukan setelah menemukan indikasi adanya penyelewengan juga pada penyelenggaraan haji tahun 2010-2011.

 

"Itu di bawah lidik baru, sudah diajukan buka penyelidikan baru," ujar Busyro di Jakarta, Selasa (26/11/2014) malam.

 
salam,
ananto
=====
 

Kasus Korupsi di KEMENAG

Penyelidikan Baru Kasus Haji Segera Dibuka

Selasa,  18 November 2014  −  13:11 WIB

 

JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) segera membuka penyelidikan baru kasus dugaan korupsi haji di Kementerian Agama( Kemenag) tahun anggaran 2010-2011 yang diduga dilakukan mantan Menteri Agama Suryadharma Ali.


Juru Bicara KPK Johan Budi SP menyatakan, pernyataan Wakil Ketua KPK Bidang Penindakan dan Penecegahan Zulkarnain pada Jumat (14/11) lalu mengindikasikan adanya temuan baru dalam kasus haji. Dugaan korupsi haji 2010-2011 ini merupakan hasil pengembangan dari kasus dugaan korupsi haji 2012-2013 yang sebelumnya disangkakan kepada Suryadharma Ali.


Menurut Johan, ada dua kemungkinan yang bisa dilakukan KPK. Pertama, menggabungkan sangkaan kasus haji 2010-2012 ke dalam sangkaan dan berkas Suryadharma Ali. Kedua, bisa dibuka penyelidikan baru untuk kemudian ditetapkan tersangka baru. “Perkiraan saya sih begitu,” kata Johan seusai konferensi pers di Gedung KPK, Jakarta, kemarin.


Sebelumnya, Zulkarnain mengungkap ada dugaan tindak pidana korupsi haji tahun anggaran 2010-2011 yang diduga dilakukan mantan Menteri Agama Suryadharma Ali dkk. Dia menuturkan, saat proses penanganan penyidikan kasus dugaan korupsi penyelenggaraan dan penggunaan dana haji lebih dari Rp1 triliun di Kemenag tahun anggaran 2012-2013, ternyata ada korupsi haji 2010-2011.


Karena itu, hal tersebut juga yang menjadi salah satu alasan Suryadharma Ali belum ditahan. “Makanya kita gelar perkara itu, ternyata setelah dilakukan penyidikan, berkembang kasusnya periode tahunnya, yang tadinya kita konsentrasi 2012-2013, ternyata ada juga di 2010-2011,” kata Zulkarnain.


Wakil Ketua KPK Bidang Penindakan Bambang Widjojanto membenarkan bahwa salah satu alasan proses kasus haji 2012-2013 dengan tersangka Suryadharma dkk membutuhkan waktu lebih karena memang ada temuan lain. Sebenarnya, menurut Bambang, temuan dugaan korupsi haji 2010- 2011 tidak bisa dibuka secara keseluruhan kepada publik.


Temuan dalam proses pemeriksaan itu menyebabkan dilema bagi KPK apakah harus ada putusan kembali pada dasar surat perintah penyidikan (sprindik) pertama, atau dikembangkan lagi. “Nah, sampai sekarang putusannya adalah kita ingin melihat apakah ada relasi antara yang sedang diperiksa dengan bukti-bukti itu. Itu sebabnya diperlukan waktu lebih intensif,” kata Bambang.


Dia menuturkan, dalam kasus haji ini yang perlu disampaikan yakni berkaitan dengan pemondokan dan hotel-hotel untuk jamaah tidak berada di Indonesia, tapi di Arab Saudi. Penelusuran dan validasi lapangannya memerlukan waktu. Saat lebaran haji lalu saja, tim KPK tidak bisa pergi ke sana. Ditambah dalam penyelenggaraan haji ini ada pengadaan katering dan transportasi yang diusut. “Kondisinya seperti itu,” ungkapnya.


Koordinator Investigasi dan Advokasi Forum Indonesia untuk Transparansi Anggaran (FITRA) Uchok Sky Khadafi menyambut baik temuan KPK atas korupsi haji 2010-2011. Dia pun mendesak KPK segera menetapkan dan mengumumkan siapa tersangkanya. “KPK jangan menundanunda lagi. Pengumuman dan penetapan tersebut juga agar tidak menyandera pejabat negara,” tandasnya.


Sabir laluhu

 

(bbg)

 

Sumber:

http://www.koran-sindo.com/read/925728/149/penyelidikan-baru-kasus-haji-segera-dibuka

 

 

 

KPK Buka Penyelidikan Baru Terkait Korupsi Haji 2010-2011

Rabu, 26 November 2014 | 08:24 WIB

 

JAKARTA, KOMPAS.com - Komisi Pemberantasan Korupsi membuka penyelidikan baru dalam kasus dugaan korupsi penyelenggaraan haji. Wakil Ketua KPK Busyro Muqoddas mengatakan, hal tersebut dilakukan setelah menemukan indikasi adanya penyelewengan juga pada penyelenggaraan haji tahun 2010-2011.

 

"Itu di bawah lidik baru, sudah diajukan buka penyelidikan baru," ujar Busyro di Jakarta, Selasa (26/11/2014) malam.

 

Busyro menyatakan bahwa saat ini penyelidikan belum mengarah pada tersangka. Penetapan tersangka akan dilakukan jika telah ditemukan dua alat bukti yang cukup untuk menjeratnya.

 

Sebelumnya, Wakil Ketua KPK Bambang Widjojanto mengatakan bahwa KPK belum selesai mengusut kasus dugaan korupsi penyelenggaraan haji 2012-2013 di Kementerian Agama karena masih memperdalam penyidikan. Dari hasil pengusutan itu, KPK menemukan indikasi dugaan korupsi juga terjadi pada penyelenggaraan haji tahun anggaran 2010-2011.

 

Dalam kasus yang tengah ditangani KPK, lembaga antikorupsi itu telah menetapkan Suryadharma Ali sebagai tersangka pada Mei 2014. Namun, hingga kini KPK belum menahan mantan Menteri Agama tersebut. KPK masih mendalami dugaan korupsi penyelenggaraan haji tahun anggaran 2010-2011 sehingga Suryadharma belum ditahan.

 

Busyro menyebut kasus dugaan korupsi penyelenggaraan haji yang menjerat Suryadharma telah menggurita. Menurut dia, kasus ini menjalar karena perbuatan korupsinya dilakukan dalam jangka waktu cukup lama dan nilai korupsinya besar.

 

Suryadharma diduga melakukan penyalahgunaan wewenang atau perbuatan melawan hukum yang mengakibatkan kerugian negara. Modus penyalahgunaan wewenang dan memperkaya diri sendiri, orang lain, atau korporasi yang diduga dilakukan Suryadharma, antara lain dengan memanfaatkan dana setoran awal haji oleh masyarakat untuk membiayai pejabat Kementerian Agama dan keluarganya naik haji. Keluarga yang ikut diongkosi antara lain para istri pejabat Kementerian Agama.

 

Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan menemukan laporan hasil analisis transaksi mencurigakan yang memperlihatkan bahwa Suryadharma mengajak 33 orang berangkat haji. KPK juga menduga ada penggelembungan harga terkait dengan katering, pemondokan, dan transportasi jemaah haji. Terkait penyidikan kasus ini, KPK telah memeriksa sejumlah anggota DPR, keluarga Suryadharma, dan politisi PPP yang ikut dalam rombongan haji gratis.

 

Penulis

: Ambaranie Nadia Kemala Movanita

Editor

: Laksono Hari Wiwoho

 

Sumber:

http://nasional.kompas.com/read/2014/11/26/08242691/KPK.Buka.Penyelidikan.Baru.Terkait.Korupsi.Haji.2010-2011



--
 
"...menyembah yang maha esa,
menghormati yang lebih tua,
menyayangi yang lebih muda,
mengasihi sesama...".

__,_._,___



--
Soni
dian_wiryatmo@yahoo.Co.Id


http://ceremende.blogspot.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar