12.06.2014

Coro Inggris




Istilah Bahasa Inggris 'Berkat' dan 'Asalkan Tidak'

Oleh: Gustaaf Kusno | 21 October 2013 | 17:18 WIB

Bisakah Anda mengungkapkan kalimat-kalimat berikut ini dalam bahasa Inggris: ‘Berkat kerja keras, dia berhasil lulus’ dan ‘Asal tidak macet, kita akan sampai ke bandara dalam dua puluh menit’? Dua kata depan (preposition) ini memang agak jarang kita jumpai dalam wacana Inggris, sehingga mungkin kita kurang akrab. Dua kata depan ini kebetulan saya jumpai tatkala membaca novel “The Signature of All Things†oleh Elizabeth Gilbert dan “And The Mountains Echoed†oleh Khaled Hosseini.

‘Berkat’ dalam bahasa Inggris digunakan istilah ‘by dint of’’, sedangkan ‘asalkan tidak’ dipakai istilah ‘barring’. Sebagai contoh, bilamana Anda mengatakan ‘By dint of hard work, he got his degree in three years’, ini bermakna ‘Berkat kerja keras, dia memperoleh titel dalam tiga tahun’. Lantas apabila Anda mengucapkan ‘Barring rain, the match will be held tomorrow’, maka ini bermakna ‘Asal tidak hujan, pertandingan akan dilaksanakan besok’.

Dalam novel “The Signature of All Things†oleh Elizabeth Gilbert, saya sempat menjumpai kalimat berikut ini: Beatrix had always wanted another child, and now, by dint of providence, a child had arrived yang saduran bebasnya adalah ‘Beatrix selalu mendambakan satu anak lagi, dan sekarang, berkat Tuhan Yang Maha Rahim, lahirlah anak ini. Sedangkan pada novel “And The Mountains Echoed†oleh Khaled Hosseini, ada kalimat berikut ini: It will take me forty minutes at least to reach SFO, barring any accidents or roadwork on the 101. Saduran bebasnya: Saya membutuhkan waktu sekurang-kurangnya empat puluh menit untuk sampai ke SFO (bandara San Fransisco), asalkan tidak ada kecelakaan atau perbaikan jalan di jalan bebas hambatan 101.

Dua kata depan ini memang kurang kita akrabi, kendati masih tetap dipakai dalam wacana kontemporer (bukan istilah yang usang atau archaic). Kata ‘dint’ itu sendiri bermakna ‘kekuatan’ (force), namun dia sudah tak dipakai orang lagi, dan yang masih bertahan adalah istilah ‘by dint of’. Inilah satu lagi contoh kalimatnya: He succeeded by dint of effort, not talent (Dia berhasil berkat usaha keras, bukan bakat).

Bagaimana mengatakan ‘Asalkan tidak ada hambatan birokrasi lagi, kita akhirnya dapat meresmikan pembukaan restoran ini’? Inilah kalimat pemadannya: Barring any further red tape, we will finally be able to open the restaurant. Lantas bagaimana mengucapkan dalam bahasa Inggris ‘Asalkan tidak ada badai mendadak, pesawat akan tiba tepat waktu’? Kurang lebih inilah padanannya: Barring any sudden storms, the plane should arrive on time.

Mudah-mudahan tulisan singkat ini bermanfaat untuk meningkatkan wawasan bahasa Inggris kita. Cheerio

--

Tidak ada komentar:

Posting Komentar