10.20.2014

Akibat Jaramg Berciuman




Minggu, 19/10/2014 14:04 WIB

Riset: Ortu Suka Memaki Anak Tandanya Jarang Ciuman

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth

 Ilustrasi (Foto: Thinkstock)
Jakarta - Sering memaki-maki anak bukan sekedar sifat bawaan para orang tua secara pribadi, melainkan dipengaruhi juga oleh kondisi hubungannya dengan pasangan. Orang tua yang kasar pada anak umumnya tidak harmonis dan jarang berciuman.

Temuan ini terungkap dalam sebuah penelitian bersama oleh NatCen Social Research, University of East Anglia dan the Thomas Coram Research Unit. Pengamatan terhadap 5.000 keluarga menunjukkan, pasangan yang sering berciuman lebih jarang bersikap kasar pada anak.

Saat kedua pasangan merasa hubungannya baik-baik saja, orang tua cenderung lebih jarang memaki atau mengasari anak. Dalam penelitian tersebut, hubungan yang baik-baik saja antara lain ditandai dengan sering berciuman, dan banyak meluangkan waktu bersama.

Tidak mengejutkan, orang tua cenderung lebih sering berperilaku kasar pada anak jika sering memikirkan perceraian. Sering bertengkar dan menyesali hubungan yang telah dibangun, juga berhubungan dengan perilaku kasar pada anak.

Masih menurut penelitian tersebut, laki-laki cenderung lebih optimistis dibanding perempuan terkait hubungannya dalam berumah tangga. Sebanyak 69 persen laki-laki merasa hubungannya baik-baik saja, sementara hanya 65 persen perempuan merasakan hal yang sama.

"Jelas, penelitian ini menunjukkan bawa individu yang terpuaskan oleh hubungan percintaan lebih sukses dalam membesarkan anak-anaknya," tegas Prof Margaret O'Brien dari Institute of Education di London, seperti dikutip dari Dailymail, Minggu (19/10/2014).

--

Tidak ada komentar:

Posting Komentar