2.15.2014

Kembali 'Bersahabat'


Dari: "A.Syauqi Yahya"

> Sabtu, 15/02/2014 18:58 WIB
>
> Setelah Meletus, Gunung Kelud Kembali 'Bersahabat'
>
> Budi Sugiharto - detikNews
>
> Gunung Kelud yang kembali tenang/ Zainal Effendi
>
> Jakarta - Gunung Kelud hari ini bersahabat. Hingga hari ini gunung api yang berada di perbatasan Kediri, Blitar dan Kabupaten Malang menunjukkan tren ke arah normal.
>
> "Sampai sore ini hanya kepulan asap putih, uap dan disertai abu tipis saja," jelas Kabid Pengamatan dan Penyelidikan Gunung Api PVMBG Bandung Gede Swastika kepada detikcom, Sabtu (15/02/2014) petang.
>
> Gede memastikan bahwa aktivitas Gunung Kelud yang meletus Kamis (13/2/2014) malam itu kini sudah melemah aktivitas. Data yang terekam juga menunjukkan tren pelemahan.
>
> "Tidak terekam gempa vulkanik, dangkal atau dalam sejak meletus," kata Gede.
>
> Letusan Kelud ini juga tidak membuat kerusakan bagi Pos Pantai Kelud di Desa Sugihwaras yang hanya berjarak 8 Km. "Material kasar jatuhnya di sekitar Kelud saja, pos kena batu-batuan kecil kok. Kalau abu itu terbawa terbang ke mana-mana hingga ke Jawa Barat," kata Gede.
>
> Perlu diketahui, Kelud sebelum meletus menunjukkan aktivitas yang peningkatannya luar biasa.
>
> Data yang terekam di Pos Pantau di Desa Margomulyo Kecamatan Ngancar Kabupaten Kediri, pada Kamis (13/2/2014) pukul 12.00-18.00 terjadi 190 gempa vulkanik dalam, 442 gempa vulkanik dangkal, Low Frekuensi 26 dan suhu kawah 57,3 Celsius. Dan enam jam, Kelud mengalami gempa tremor terus menerus.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar