1.25.2014

Bagaimana Menahan Tol Cipularang Tak Amblas?


Dari: "A.Syauqi Yahya"

> SABTU, 25 JANUARI 2014 | 12:41 WIB
>
> Bagaimana Menahan Tol Cipularang Tak Amblas?
>
> Petugas saat berjaga di lokasi jalan yang amblas di Tol Cipularang kilo meter 72, Purwakarta, Jawa Barat (24/1). Jalan di KM 72 + 100 Tol Cipularang menuju Bandung amblas setinggi 12-60 cm sepanjang 60 meter di lajur satu. TEMPO/Aditya Herlambang Putra
>
>
> TEMPO.CO, Bandung - Jalan tol Cipularang di sekitar kilometer 72 +100 di daerah Purwakarta yang ambles, bisa diperbaiki dengan pemasangan konstruksi baru. Gunanya untuk meredam pergerakan tanah di bawahnya.
>
> Pakar jalan dari Teknik Sipil ITB Ade Sjafrudin mengatakan, pemasangan konstruksi itu bisa berupa tiang pancang dari beton atau pemasangan lembaran baja di bawah ruas tol. Cara itu bergantung pada kondisi tanahnya yang rawan bergerak di lokasi ambles. Tiang pancang dipasang tegak, sedangkan pelat baja horisontal. "Tinggi tiang atau ketebalan pelatnya tergantung seberapa dalam tanah yang bergerak itu,"katanya, Sabtu, 25 Januari 2014.
>
> Adapun langkah darurat pengelola, kata Ade, berupa pemantauan seksama kondisi tanah dan jalan tol di lokasi ambles dan sekitarnya. "Kalau ada penurunan jalan lagi sedikit, atau muncul retakan baru, pengelola harus mengawasinya ketat," kata dia.(Baca : Jalan Tol Cipularang Ambles, Apa Kata Pakar? )
>
> Aksi pengelola, harus membenahi daerah di kiri dan kanan jalan tol. Air yang mengalir diupayakan tidak sampai masuk ke badan jalan serta ke tanah bawah jalan. Aliran airnya harus dibelokkan ke sungai atau dimasukkan ke gorong-gorong buatan Jasa Marga. "Perbaikan itu realistisnya dilakukan secara bertahap," ujarnya.
>
> Kemarin, PT Jasa Marga menutup tol Cipularang dari Jakarta ke Bandung karena ruas jalan di kilometer 72 +100 ambles. Aspal jalan turun 12-60 sentimeter sepanjang 60 meter. Hari ini, PT Jasa Marga memberlakukan jalur lawan arah atau contra flow di tol Cipularang arah Jakarta. Tujuannya agar kendaraan dari Jakarta menuju Bandung dapat melintas.
>
> ANWAR SISWADI
>
> --
> --

Tidak ada komentar:

Posting Komentar