2.11.2015

Wuling


From: A.Syauqi Yahya 


Rabu, 11/02/2015 07:03 WIB

Genjot Investasi dengan Mobil Murah

http://m.detik.com/news/read/2015/02/11/070346/2829463/159/genjot-investasi-dengan-mobil-murah

Hans Henricus - detikNews

Jakarta - Dalam setahun ini, penampilan jalanan Jakarta sedikit berubah. Banyak mobil kecil berseliweran di jalanan. Pemandangan ini sedikit berubah karena sebelumnya, dalam 10 tahun terakhir, bisa dibilang jalanan dikuasai mobil keluarga—atau kadang disebut MPV.

Mobil-mobil kecil ini hasil program mobil murah ramah lingkungan (LCGC) yang digagas pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono. Salah satu tujuan program ini adalah menggenjot investasi bidang otomotif dan hasilnya sudah mulai tampak.

Saat ini nilai investasi di pabrik mobil yang diundang lewat program mobil murah ini sudah mencapai US$ 3 miliar (sekitar Rp 37 triliun). Sedangkan pabrik komponen yang datang dan mendirikan pabrik mencapai US$ 3,5 miliar (Rp 44 triliun). "Kedua angka ini masih bisa terus berkembang," kata Soerdjono, Direktur Industri dan Transportasi Darat Kementerian Perindustrian, dalam majalah detik edisi 167.

Tidak aneh jika kedatangan delegasi pabrik dari Tiongkok, SGMW, yang akan membuat pabrik mobil di sekitar Cikarang, Jawa Barat, itu disambut gembira oleh Kementerian Perindustrian. Apalagi pabrik mobil dengan merek Wuling itu akan memboyong pabrik komponen juga.

***

--

Tidak ada komentar:

Posting Komentar