2.18.2015

Bila Komjen BG Dilantik, Bung Hatta Anti Corruption yang Didapat Jokowi Akan Ditarik


From: A.Syauqi Yahya 


Rabu, 18/02/2015 14:09 WIB

Bila Komjen BG Dilantik, Bung Hatta Anti Corruption yang Didapat Jokowi Akan Ditarik

http://m.detik.com/news/read/2015/02/18/140906/2836682/10/1/

Taufan Noor Ismailian - detikNews

FOKUS BERITA
Komjen BG Menang di Praperadilan
Jakarta - Keputusan dilantik atau tidaknya Komjen Budi Gunawan sebagai Kapolri berada di tangan Presiden Joko Widodo. Namun, hingga saat ini Presiden Jokowi masih belum memberikan keputusan siapa yang akan menduduki kursi Kapolri.

Ketua Dewan Pengurus Harian Bung Hatta Anti Corruption Award (BHACA), Natalia Soebagjo mengatakan kecewa dengan Presiden Jokowi yang seakan-akan mendiamkan kisruh KPK vs Polri ini. Apabila akhirnya Komjen BG dilantik sebagai Kapolri, BHACA secara tegas akan mencabut penghargaan anti korupsi yang pernah diberikan kepada Presiden Jokowi pada tahun 2010 saat masih menjadi Walikota Solo.

"Jadi apabila dengan alasan apapun mengangkat Budi Gunawan, kami tentu dengan berat hati dan mau tidak mau menarik kembali penghargaan itu," ujar Natalie usai Diskusi Musikal Anti Korupsi di Universitas Tarumanegara, Jakarta Barat, Rabu (18/2/2015).

Menurutnya, sangat tidak pantas seorang tersangka korupsi menduduki posisi Kapolri. "Bahkan dipertimbangkan sebagai Kapolri saja kami sudah sulit menerima," keluhnya.

Sementara itu, Direktur Eksekutif BHACA, M. Berkah Gamulya menjelaskan ancaman pencabutan penghargaan anti korupsi kepada Presiden Jokowi terkait komitmennya sebagai anti korupsi. Sepanjang hidupnya, penerima penghargaan BHACA harus konsisten dan tetap menjadi sosok yang anti korupsi.

"Nah ketika dia (penerima penghargaan BHACA) tidak konsisten kami sebagai sebuah lembaga harus menarik kembali penghargaan itu," jelasnya.

Apabila Komjen BG dilantik, esoknya BHACA akan langsung menggelar konfrensi pers terkait pencabutan penghargaan anti korupsi yang diberikan kepada Presiden Jokowi.

"(Penghargaan) Dicabut melalui bantuan media massa, konfrensi pers, kami akan kirim surat ke beliau (Presiden Jokowi) kalau awardnya akan kami ambil kembali, kami tarik kembali dan silahkan jadikan souvenir," pungkasnya.

Namun, BHACA berharap Mantan Wali kota Solo ini masih memiliki hati dan mendengarkan keinginan rakyat dengan tidak melantik Komjen BG sebagai Kapolri. Jokowi mendapat Bung Hatta award pada 2010 lalu.

"Kan sampai sekarang belum ada keputusan, sampai sekarang kita berharap beliau tidak melantik," ujarnya.

"Dan kami sebagai sebuah lembaga harus menjaga integritas kami," sambungnya.

--

Tidak ada komentar:

Posting Komentar