3.16.2015

Uenak Tenan


From: A.Syauqi Yahya


Uenak Tenan - Bayar Pajak, Air dan Listrik di Inggris

http://m.kompasiana.com/post/read/706732/3/uenak-tenan-bayar-pajak-air-dan-listrik-di-inggris.html

Ardi Dan Bunda Susy
14 Mar 2015 | 19:16

Sumber: Tidak semua Rumah Di Inggris Punya Halaman Dan Garasi Sendiri - Mobil Cukup Diparkir Di Pinggir Jalan
Memang Uenak Tenan jadi warga negara Indonesia dan hidup di negeri sendiri. Sudah lebih dari 30an negara pernah saya kunjungi, tapi hanya di Indonesia saja kita bisa hidup serba enak. Saya sendiri sempat terheran heran. Kenapa sampai saat ini banyak sekali orang orang  ditanah air yang bermimpi bisa tinggal dan menetap di Eropa. Gimana tidak enak dan nyaman tinggal di Indonesia ?, bayar air dan listrik luar biasa murah. Bisa buang air sesukanya tanpa harus bayar biaya pengolahan limbah. Kena Tilang bisa bayar ke polisi langsung dengan cara tawar menawar. Mau sedekah ngasih tips juga terserah nggak diatur sama sekali oleh negara.

Mobil  Ditempel Stiker Ini Bukan Berarti Gratis
Tetap Bayar Tapi Bulanan Dan Lebih Murah

Karena saya orang Indonesia Asli dan sudah 8 tahun tinggal diluar, kelakuan saya tidak berubah sama sekali dan cenderung sama persis dengan umumnya orang Indonesia di tanah air. Kalau ada tagihan air, listrik, kenaikan BBM atau apapun yang terasa mahal, maka langsung menjerit dan update status FB. Karena hanya itulah yang bisa saya lakukan di Inggris. Jauh lebih enak di tanah air, kalau ada tarif air, listrik, bensin, pajak restaurant naik langsung bisa spontan menggalang demo turun kejalan dan menghujat pemerintah. Di Inggris, saya nggak bisa bersuara apa apa, apalagi demo menghujat pemerintah. Apa yang tertulis di surat tagihan mau nggak mau harus segera saya bayar. Paling banter hanya bisa telpon customer helpdesk untuk laporan complain saja

Per Hari Harus Bayar GBP 12 Kalau Nggak
Punya Stiker Resident Berlangganan
Bandingkan tagihan tagihan dibawah ini dengan pengeluaran rutin bulanan anda di tanah air. mana lebih nikmat hidup di Indonesia atau di Eropa.
City Council Tax (Misal : Kebersihan Dan Prasarana Kota) : GBP 781.02 (Rp 15.240.630)
Fire And Rescue : GBP 40.92 (Rp 798.502)
Police & CC (Misal : Keamanan dan Lalu Lintas) : GBP 102.84 (Rp 2.006.794)
Total GBP 924.78 (Rp 18 Jutaan) untuk 3 bulan saja atau Rp 6 Jutaan per bulan. Di Indonesia mana ada pajak untuk bayari pemadam kebakaran dan polisi. Pemadam kebakaran telat datang cukup nulis di surat pembaca. Polisi minta uang di jalanan langsung koar koar di Facebook dan tweeter. Uenak tenan jadi orang Indonesia. Nggak bayar pajak ngaku ngaku mbayari pemadam kebakaran dan polisi dari uang rakyat.

Harus Bayar Pajak Kebersihan Kota, Pajak
Pemadam Kebakaran Dan Pajak Untuk Polisi
Ada lagi reaksi saudara saudara saya yang cukup unik di tanah air tentang rencana kebijakan pemerintah melakukan penyesuaian tarif air dan listrik. Bandingkan dengan tagihan bulanan saya dibawah ini :
Tagihan Air : GBP 46.18 (Rp 901.000)
Tagihan Pengolahan Limbah : GBP 68.94 (Rp 1.350.000)
Tagihan Listrik : GBP 219.4 (Rp 4.300.000)
Total GBP 334.52 (Rp 6.527.740) per bulan untuk rumah setara dengan Type 36/45 (Type Studio, 1 Kamar, 1 Hall dan 1 Bathroom). Kalau di jumlahkan semua berarti sekitar Rp 12 Juta pengeluaran per bulan.

Bayar Ait GBP 46.18 Per Bulan dan Bisa Lebih Besar Lagi
Kalau Rumah Lebih Besar. Cara menghitung Berdasarkan
Luas Rumah, Jumlah Kamar Dan Jumlah Penghuni
Kalau rumah lebih besar lagi tentu akan lebih mahal lagi. Silahkan memperkirakan sendiri karena rumah saya di Portsmouth setara dengan rumah Type 36/45. Pemakaian air tidak menggunakan meteran tetapi berdasarkan table luas bangunan, jumlah kamar dan jumlah penghuni. Demikian juga dengan biaya pengolahan limbah. Hanya listrik saja yang pakai meteran. Kalau musim dingin berarti heater pemanas ruang akan menyala penuh dan bayar listrik akan semakin mahal.

Bayar Juga Biaya Limbah GBP 68.94
Di Indonesia belum ada tagihan untuk pengolahan limbah. Air tinggal buang ke selokan, lalu seterusnya buang ke laut. Uenak tenan memang hidup di Indonesia. Kalau sampai air sungai tercemar detergent, tinggal teriak teriak dan memaki maki lurah, camat, bupati, walikota, gubernur dan presiden. Huh, nggak becus ngatur kota/negara, polusi dimana mana. Minta duit mulu bayar pajak. Kemana saja tuh duit pajak paling dikorupsi dan berbagai macam sumpah serapah lainnya. Uenak tenan jadi orang Indonesia, nggak pernah bayar Pajak Limbah tapi bisa nuduh korupsi pemerintah.

Petunjuk Kalau Mau Complain
Boleh Ngeyel Kalau Merasa Tiba Tiba Naik
Belum lagi kalau kita punya mobil. Rumah rumah kecil seperti rumah saya umumnya tidak punya halaman dan garasi. Biasanya mobil diparkir dipinggir jalan dan jarak dari rumah bisa 100 m sampai  200 m. Rasanya nyesel sekali punya mobil tapi harus jalan kaki 100-200 meter setiap hari untuk menuju ke parkiran mobil. Karena saya asli orang Indonesia, maka kelakuan saya juga masih sangat Indonesia sekali. Mobil saya parkir didepan rumah dengan tehnik Burung Onta. Bagian kepala berhasil masuk ke halaman rumah tapi bagian ekor masih tetap di luar halaman rumah. Alhasil, bagian ekor mobil  diatas trotoar dan kayaknya ada pejalan  kaki Inggris brengsek melaporkan ke polisi.

Bayar Listrik GBP 219.40 -Mahal Amat ?,
Ngeyel Kemahalan Boleh, Tapi Jawabnya Sak Enake Dewe
Musim Dingin Melonjak Karena Heater Menyala Terus
Pagi hari, kaca depan mobil sudah ditempeli surat cinta berwarna kuning. Dan saya terpaksa harus bayar GBP 40. Kalau tidak segera saya bayar saat itu juga maka denda naik menjadi GBP 70. Memang enak sekali hidup di negeri sendiri. Nggak ada orang brengsek lapor ke polisi kalau jalannya terganggu mobil parkir. Kalaupun ada yang lapor polisi paling nggak ditanggapi polisi juga. Nggak bayar Pajak Polisi kok minta dilayani. Di Indonesia, trotoar didepan rumah sudah seperti milik sendiri. Mobil bisa bebas parkir didepan rumah dengan roda nangkring diatas trotoar. Uenak sekali memang hidup dinegeri sendiri.

Kena Tilang - Tahu Tahu Kaca Mobil Ditempeli
Surat Cinta Hanya Karena Parkir Didepan Rumah Sendiri
Mobil Bagian Depan Masuk Halaman -  Ekor Di Trotoar
Masih banyak yang bisa saya ceritakan tentang Inggris dan Eropa, seperti harga BBM yang muahal sekali, parkir di pusat kota yang juga muahal, pajak restaurant yang dibebankan ke konsumen, Bayar tips/gratuity saat makan di restaurant dan lain lain. Indonesia sedang berubah, warung Padang dan warung gudeg kena pajak seperti di Inggris dan negara negara lain.

Denda GBP 70 Karena Ekor Mobil
Nutupin Trotoar Untuk Pejalan Kaki

Ekor Mobil Nyentuh Garis Kuning - Trotoar Terhalang
Huh, Jalan Muter Dikit Aja Kenapa Sih Nggak Mau
Malah Lapor Polisi

Makan Di Restaurant
Udah Bayar Pajak Bayar Gratuity Juga
Baca Juga :
Autobahn Apanya Yang Menarik
Ke Belanda Apa Sih Yang Bisa Dilihat
Anjing Jadi Jadian Covent Garden London
Kemana Lapak PKL Covent Garden ?
Soho London - Pasar Gini Di Kampung Ane Juga Ada
Church Street - Tanah Abangnya Kota London
Dibaca : 104 kali

--

Tidak ada komentar:

Posting Komentar