3.02.2015

SP 3 ?


From: A.Syauqi Yahya


Senin, 02/03/2015 17:06 WIB

Jimly: Hentikan Penyidikan Bambang Widjojanto dan Samad!

http://m.detik.com/news/read/2015/03/02/170600/2847249/10/jimly-hentikan-penyidikan-bambang-widjojanto-dan-samad

Danu Damarjati - detikNews

FOKUS BERITA
Calon Kapolri Tersangka

Jakarta - KPK mengaku kalah, meski tak menyerah, dengan melepas penyidikan kasus Komjen Budi Gunawan kepada Kejaksaan Agung dan diteruskan ke Polri. Namun Jimly Asshiddiqie menilai tak seharusnya isu ini dilihat berdasarkan "menang-kalah".

"Jangan dilihat soal kalah dan menang," kata Wakil Ketua Tim Konsultatif Independen (Tim 9) ini, Senin (2/3/2014).

Jimly memandang, agar tak ada pihak yang merasa menang dan juga merasa kalah, maka seharusnya proses hukum teradap Abraham Samad dan Bambang Widjojanto dihentikan saja. Surat Penghentian Penyidikan Perkara (SP3) bisa diterbitkan Polri guna mengakhiri kriminalisasi.

"Kalau saya berpendapat, Abraham Samad dan Bambang Widjojanto sebaiknya di-SP3 saja dua-duanya supaya clear, tidak ada yang merasa menang dan kalah. Itu yang diselesaikan duluan," kata Jimly.

Kini KPK, Kejaksaan Agung, dan Polri sedang berusaha menyatukan tekad memberantas korupsi. Sebaiknya ketiga lembaga penegak hukum itu membicarakan bersama soal SP3 teradap Pimpinan KPK non-aktif itu.

"Ke depan, harus ada mekanisme aturan yang menutup celah hukum bisa dimanfaatkan untuk kriminalisasi Pimpinan KPK. Misalnya nanti proses hukum dilakukan setelah yang bersangkutan tak menjabat lagi," ujar Jimly.

Sebelumnya, Wakapolri Komjen Badrodin Haiti menyatakan SP3 kasusu Bambang dan Samad tak bisa dilakukan bila syarat-syarat yang diperlukan tak terpenuhi. "Untuk kasus yang sudah masuk ke penyidikan, ada instrumen hukum untuk SP3. Tapi ada persyaratannya," kata Wakapolri Komjen Badrodin Haiti dalam jumpa pers di Gedung KPK, Jl HR Rasuna Said, Kuningan, Jakarta.

(dnu/ndr)

Baca Juga:

Jimly Asshiddiqie: Sebagian Menilai KPK Melemah, Tapi Kita Perkuat ke Depan

Aksi 'Petak Umpet' Pramono Anung Usai Bertamu ke Ruangan Jaksa Agung

Kasus BG Ditangani Kejaksaan, Syafii: Selama Ini Kejaksaan Tak Efektif

--
--

Tidak ada komentar:

Posting Komentar