3.11.2015

Tak Jelas ?


From: A.Syauqi Yahya 


Effendi Gazali: Era Jokowi tak Jelas Komitmen Pemberantasan Korupsinya

http://m.republika.co.id/berita/nasional/umum/15/03/09/nkxns5-effendi-gazali-era-jokowi-tak-jelas-komitmen-pemberantasan-korupsinya

09 March 2015 14:07 WIB

Effendi Gazali
REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Komitmen Presiden Jokowi dan Wapres Jusuf Kalla untuk memberantas korupsi dipertanyakan.

"Bagi saya, di era Jokowi ini agak tidak jelas komitmennya dalam pemberantasan korupsi," ujar pakar komunikasi politik Universitas Indonesia Effendi Gazali, Senin (9/3).

Ia menilai sikap Wapres Jusuf Kalla dan Presiden Joko Widodo sama saja dalam komitmennya memberantas korupsi. Bedanya, JK secara terang menyatakan di depan publik, sedangkan Jokowi hanya kerap mengumbar janji.

Effendi menilai, meski Jokowi selalu bilang tidak boleh ada kriminalisasi terhadap para aktivis antikorupsi, tetapi kriminalisasi faktanya terus berjalan. Hal yang sama juga diucapkan oleh JK.

Namun, Effendi menilai, JK jauh lebih empirik dengan menyuruh para aktivis KPK menghadapi kasus hukum yang sedang mendera mereka.

Perbedaan pendapat antara Jokowi dan JK, menurutnya, dimulai ketika JK menyebut bahwa sikap tiga aktivis antikorupsi, Bambang Widjojanto, Yunus Husein, dan Denny Indrayana tidak sportif karena mendatangai Mensesneg. JK menyarankan mereka mengikuti proses hukum yang ada.

Hal inilah yang dinilai Effendi sebagai sikap JK yang tidak pro terhadap penolakan kriminalisasi terhadap pegiat antikorupsi.

"Tentu ini akan menimbulkan penolakan dari civil society," tutup Effendi.

Red: Indah Wulandari
Rep: c15

Tidak ada komentar:

Posting Komentar