6.19.2014

Kangkung...



Kangkung Tak Sekedar Menu Para Napi

Oleh: Abyarsyyad | 27 February 2013 | 15:23 WIB


Seringkali kita mendengar dalam candaan atau orang yang pernah meringkuk di Lembaga Pemasyarakatan akan menu sayur yang hampir setiap hari menjadi menu spesialnya. Ya, benar sayur kangkung. Bahkan juga semua orang pasti mengetahui kangkung dan kelezatannya saat di tumis atau saat dipakai sebagai pelengkap sayur asam. Selain nikmat, aneka olahan berbahan dasar kangkung ini juga sangat murah dan mudah didapat.
Banyak prediksi miring tentang kangkung ini, salah satunya adalah menu spesial para napi. Selain itu tuduhan lainnya adalah kangkung tidak baik di konsumsi karena kandungan zat kapur yang tinggi yang tak dapat dihilangkan dari dalam tubuh. Atau juga tentang kangkung yang dituduh membuat orang mengantuk atau menjadi malas usai mengkonsumsinya.
Tapi apakah demikian? Rasanya kurang fair tentang tuduhan miring tentang kangkung ini tanpa disertai bukti ilmiah tentang manfaat kangkung bagi tubuh. Dalam sebuah literatur kangkung setelah melewati uji klinis, ternyata kangkung ini banyak manfaatnya. Disebutkan disitu, kangkung adalah layak disebut sebagai penyembuh ajaib. Tak salah rupanya jika menu ini menjadi menu spesial para napi, karena hemat biaya dan tentu saja bermanfaat bagi tubuh manuia. Berikut saya sarikan dari berbagai sumber akan manfaat kangkung bagi kesehatan dan pengobatan.

Anti anemia
Karena kaya akan kandungan zat besi maka kangkung disaran untuk dikonsumsi secara rutin terutama bagi mereka yang menderita gejala kurang darah atau anemia. Sebab zat besi adalah zat yang sangat penting untuk tubuh kita, peranannya dalam membentuk sel darah merah sangat vital.

Haid Belebihan
Adakalanya wanita mangalami haid yang berlebihan. Kondisi ini tentu sangat membahayakan. Untuk mengatasi hal tersebut ternyata hanya perlu kangkung. Caranya, ambilah setengah kilogram daun kangkung segar. Cuci hingga bersih lalu tumbuk halus. Tuangkan air setengah gelas, saring dan tuangkan satu sendok akan madu. Minum sekali sehari sekaligus. Haid akan jadi baik dan lancar.

Cegah Diabetes
Ekstrak kangkung telah diuji di laboratorium dan hasilnya kangkung adapt dipakai sebagi obat anti diabetes. Sebab kandungan pada kangkung mampu menghambat penyerapan kadar gula pada tubuh kita. Cara paling mudah dan murah untuk mencegah diabetes adalah dengan rutin dan banyak mengkonsumsi kangkung.

Sariawan dan Gusi Berdarah
Kangkung adalah gudangnya vitamin C. Dan kadar vitamin C pada kangkung lebih banyak dibanding kebanyakan buah. Itulah sebabnya pada pengobatan medis bagi orang yang kekurangan vitamin C dengan tanda-tanda sariawan dan gusi berdarah disarankan dan rutin konsumsi kangkung dalam jumlah yang cukup.

Mimisan
Bagi orang tua yang memiliki anak yang kerap mimisan atau keluar darah dari hidung, tidak usah cemas. Untuk mengobatinya cukup ambil seikat kangkung segar cuci bersih, lalu tumbuklah sampai halus. Tambahkan sedikit gula aren, seduh dengan segelas air panas. Setelah dingin, saring, minumkan sehari dua kali. Maka mimisan akan segera hilang.

Sakit Kepala
Bila kepala cenut-cenut berkepanjangan. Atau pusing tujuh keliling, ambillah seikat daun kangkung segar. Rebus dengan dua gelas air hingga menjadi satu gelas. Minum hasil rebusan ini. sakit kepala akan berangsur-angsur hilang.

Tenangkan Otak
Jika anda dalam posisi ketegangan pikiran, entah itu karena beban pekerjaan atau tekanan psikologis, sebaiknya Anda mengkonsumsi kangkung. Kangkung ternyata mempu menciptakan suasana nyaman pada otak kita. Kadar vitamin B komplek dan Omega 3 pada kangkung, sangatlah besar. Keduanya merupakan peningkat produksi serotin dalam otak kita. Maka dari itu, seiring meningkatnya produksi serotin, akan menciptakan suasana yang nyaman pada otak kita. Sekaligus menyenangkan dan menyegarkan kembali otak kita.

Ambeien
Ambillah segenggam akar kangkung. Cuci bersih terus direbus dengan tiga gelas air, hingga tersisa setengahnya. Setelah dingin, minum dua kali sehari, setengah gelas setiap kali minum. Maka penyakit ambeien akan berangsur-angsur sembuh. Semoga! Demikian manfaat dari kangkung dan semiga bermanfaat. Matur suwun
Powered by Telkomsel BlackBerry®

--


Tidak ada komentar:

Posting Komentar