4.15.2015

Bocor, bocor, bocoooorrrr


From: A.Syauqi Yahya


RABU, 15 APRIL 2015 | 16:06 WIB

Soal Ujian Bocor, Bocor, Bocor, Anies Lapor ke Bareskrim

http://www.tempo.co/read/news/2015/04/15/079658001/Soal-Ujian-Bocor-Bocor-Bocor-Anies-Lapor-ke-Bareskrim


TEMPO.CO, Jakarta - Menteri Kebudayaan dan Pendidikan Dasar dan Menengah Anies Baswedan melaporkan kasus bocornya naskah soal ujian nasional ke Badan Reserse Kriminal Polri. "Senin sore, kami langsung lapor ke Bareskrim, karena ini pelanggaran hukum," kata Anies di kantornya, Rabu, 15 April 2015.

Anies mengaku mendapat kabar bocornya 30 paket soal tersebut pada Senin, 13 April 2015. Soal itu diunggah oleh sebuah akun di Google Drive. Panitia ujian nasional pun langsung melakukan pengecekan, apakah yang bocor itu benar soal asli ujian nasional. (Baca: Kepala SMA Negeri 3 Ini Berani Melawan Keputusan Menteri Anies)

"Kami melihat dari kode komputer di kertas yang diunggah itu. Ternyata benar, itu soal ujian nasional," ucap Anies. Dia menuturkan file yang diunggah akun tersebut langsung dari master soal yang diberikan Kementerian kepada sekolah.

Setelah dilacak, tutur Anies, akun yang mengunggahnya itu berasal dari satu dari total 17 percetakan resmi yang bekerja sama dengan Kementerian. Dia enggan mengungkap nama percetakan itu. Anies hanya menjelaskan percetakan itu di Jakarta dan mengirimkan naskah soal di dua daerah.

Anies menuturkan pihak kepolisian sudah melakukan penyelidikan di Kementerian hingga pukul 24.00. Tim dari Kementerian pun sudah diinterogasi selama tujuh jam oleh kepolisian. (Baca: Soal Ujian Bocor, Bocor, Bocor, Anies Lapor ke Bareskrim)

Sebelum melapor ke Bareskrim, Senin siang itu juga, Anies langsung menghubungi pihak Google Inc yang berpusat di Amerika Serikat untuk segera menutup akses ke akun itu. Dia menulis surat resmi ke Google Inc. "Satu jam kemudian, akses akun Google Drive itu ditutup oleh Google," katanya.

MITRA TARIGAN

Berita Terkait

Soal Bahasa Inggris Ngawur, Peserta Ujian Heboh
Siswa Bingung, Soal Listening UN SMA Tak Sesuai 

Dinas Pendidikan Jatim Anulir Soal Listening Bahasa Inggris 

UN Online Selesai, SMKN 1 Subang Siapkan UAS Online 

Serikat Guru Temukan Kebocoran Soal Ujian Nasional Online 

--

Tidak ada komentar:

Posting Komentar