7.10.2014

QS Al - A'raf - 56


From: A.Syauqi Yahya


Seri Kultum

QS  Al - A'raf - 56

Dan janganlah kamu berbuat kerusakan di bumi setelah (diciptakan) dengan baik.

Berdoalah kepada-Nya dengan rasa takut dan penuh harap. Sesungguhnya rahmat Allah sangat dekat kepada orang yang berbuat kebaikan.

Penjelasan       :
1.  Allah mencintai muksinun yaitu orang-orang yang berbuat baik terhadap lingkungannya dan tidak mencintai mufsidun yaitu orang yang berbuat kerusakan terhadap lingkunganya.
Disini dijelaskan bahwa janganlah kamu berbuat kerusakan setelah diciptakan dengan baik, maksud di ciptakan disini adalah bumi dan langit beserta isinya. Allah mengutus manusia menjadi khalifah dibumi bukan untuk merusak apa yang ada dibumi dan langit tapi untuk menjaganya. Namun pada saat sekarang banyak sekali kita dengar  bencana yang terjadi diberbagai daerah, misalnya banjir, ini adalah cerminan dari ulah  manusia yang tidak bertanggung jawab.

2.   Apabila dicamkan dan direnungkan dalam kalbu bahwa apa yang dilakukan manusia terhadap lingkungannya, dampak dari prilaku itu akan di terima dn dialami diri sendiri, baik kebaikan (manfaat) maupun keburukan (mudharat).
Diatas sudah dijelaskan bahwa bencana yang sering terjadi pada saat sekarang adalah perbuat dari manusia yang tidak bertanggung jawab, yang hnaya memikirkan dirinya sendiri dan kenikmatan didunia, mereka tidak memikirkan apa dampaknya bagi manusia yang lain dan tidak memikirkan hari akhir.
Penebangan hutan secara illegal belakangan ini sering terjadi, kita tau bahwa hal itu akan berdampak buruk terhadap kehidupan manusia dibumi, namun hanya sedikit sekali manusia yang sadar tentang hal itu,
Mereka lebih memikirkan bagaimana meneruskan hidup ini dengan manghalalkan segala cara, padahal allah telah berjanji, apabila seseorang meminta kepadaku dengan tulus ikhlas maka akan dicukupkannya kebutuhannya dan janji allah itu pasti namun, ada saat tertentu dimana kita akan merasakan kebesaran allah, melalui ujian yang akan diberikan kepada kita.

3.      Kita tidak akan bias menjaga hubungan kita dengan manusia dan alam apabila kita tidak menjaga hubungan kita dengan allah.
Sebelum kita menjaga hubungan dengan sesame dan orang lain kita terlebih dahulu harus menjaga hubungan kita dengan Allah SWT terlebih dahulu. Karena hubungan dengan Allah adalah urusan hidup dan mati ( dunia, akhirat) sedngkan hubungan dengan manusia hanya sementara,dan hanya didunia saja. Hal itu harus kita imbngi dengan perbuatan kita didunia ini dan kita harus terus menevaluasi diri kita apakah Hubungan kita dengan Allah telah baik atau belum, hal ini harus kita lakukan dengan hati yang ikhlas dan bukan untuk mengharapkan sesuatu.

--
Addinu huwa al-aqlu,laa diina liman laa aqla lahu - Agama adalah akal, tidak ada agama bagi orang yang yang tidak berakal

Tidak ada komentar:

Posting Komentar