7.15.2014

Assir Al Avoca


From: A.Syauqi Yahya


Kamis, 10/07/2014 07:01 WIB

Lembut Manis Assir Al Avoca, Smoothies Alpukat Kurma Asal Maroko

Deani Sekar Hapsari -
Foto: Thinkstock
Jakarta - Berbuka dengan yang manis selain dalam bentuk makanan, minuman juga bisa menjadi pembatal puasa yang segar dan mengenyangkan. Dari Maroko, ada smoothies yang terbuat dari kurma dan alpukat yang kaya nutrisi.

Bernama Assir Al Avoca atau smoothie kurma alpukat, minuman ini sangat populer dijajakan saat ramadan. Biasanya Assir Al Avoca disajikan di Candy Shop menjelang buka puasa, umumnya juga diracik saat sahur di rumah.

Bahan pembuatnya cukup sederhana yaitu kurma, alpukat, almond, madu, dan ekstrat vanilla. Kurma dan madu memang banyak ditemukan di Timur Tengah, tapi alpukat jadi salah satu bahan makanan yang belum lama diperkenalkan.

Alpukat dibawa pertama kali tahun 1950an karena seorang arboriculturist menyadari cuaca di Maroko mirip dengan California, Amerika Serikat. Sejak itu alpukat banyak dipakai untuk hidangan dan minuman Maroko.

Karena mempunyai cuaca yang cukup panas, minuman ini dianggap bisa melegakan dahaga serta mengenyangkan perut yang lama kosong. Cara pembuatannya cukup mudah, pertama siapkan almond milk dari almond yang telah direndam dalam air lalu diblender. Susu almond berasal dari cairan putih yang diperas dari almond.

Siapkan blender bersih lalu masukkan almond milk, alpukat, madu, ekstrak vanilla, dan kurma yang telah diambil bijinya. Proses hingga halus. Rasa manis gurih dan pastinya menyegarkan!

Selain minuman ini, Maroko juga mempunyai tradisi untuk meminum Moroccan Tea. Teh ini diracik dengan tambahan daun mint segar menenangkan perut dan menjaga kesehatan pencernaan.

--

Tidak ada komentar:

Posting Komentar