5.02.2015

”pengkhianat” yang ”hendak menghancurkan korps”.


From: A.Syauqi Yahya 


SABTU, 02 MEI 2015 | 06:21 WIB

Rekam Jejak Ini yang Membuat Novel Baswedan Diincar

http://www.tempo.co/read/news/2015/05/02/063662792/Rekam-Jejak-Ini-yang-Membuat-Novel-Baswedan-Diincar


Penyidik KPK Novel Baswedan (tengah) mengenakan baju tahanan usai menjalani pemeriksaan di Gedung Bareskrim, Mabes Polri, Jakarta, 1 Mei 2015. ANTARA FOTO



TEMPO.CO , Jakarta:- Kepala Badan Reserse Kriminal Budi Waseso bisa saja mempertanyakan apa hebatnya Novel Baswedan. Namun faktanya, Novel Baswedan dikenal sebagai penyidik dengan rekam jejak jempolan. Pria kelahiran Semarang, 38 tahun ini adalah penyidik yang menangani dan membongkar kasus besar.

Karena itulah mengapa, seluruh pimpinan KPK menganggap perlu menjaminkan diri mereka, untuk menangguhkan penahanan Novel. Dalam suratnya ke Kepolisian, lima pemimpin KPK menjamin Novel tak akan melarikan diri, menghilangkan barang bukti atau mengulangi perbuatannya. Ketiga hal itu-- melarikan diri, menghilangkan bukti dan mengulangi perbuatan, adalah alasan yang dijadikan dasar polisi menahan Novel Baswedan.

"Kami bisa saja mundur jika penahanan masih dilakukan karena semua upaya yang sudah dikondisikan di KPK dnegan baik bisa berantakan," kata Pelaksana Tugas Wakil Ketua KPK, Johan Budi SP, Jumat 1 Mei 2015. "Seolah pimpinan KPK tak ada artinya dalam konteks ini."

Mantan Wakil Ketua KPK M Jasin berharap Novel segera dibebaskan. Ia menyebut Novel sebagai penyidik yang profesional dan berintegritas. "Novel adalah penyidik yang profesional dan berintegritas, dia banyak menangani kasus-kasus korupsi besar dan berisiko," ujar Jasin.

Novel masuk KPK pada Januari 2007, ketika lembaga ini dipimpin Taufiequrachman Ruki. Saat itu,cucu Abdurrahman Baswedan atau AR Baswedan, jurnalis, diplomat dan sastrawan yang juga anggota Badan Penyelidik Usaha dan Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI), anggota Badan Pekerja Komite Nasional Indonesia Pusat (BP-KNIP), dan Anggota Dewan Konstituante --masih menjadi penyidik polisi untuk KPK. Novel menangani rupa-rupa kasus kakap.

Lulusan Akademi Kepolisian 1998 ini berperan besar dalam melacak pelarian Nunun Nurbaetie. Tersangka pemberi cek pelawat untuk 39 anggota Komisi Keuangan Dewan Perwakilan Rakyat pada pemilihan Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia 2004 itu kabur ke sejumlah negara. Ia tak hanya melacak, tapi juga membawa Nunun Nurbaetie pulang dari pelariannya ke Tanah Air. Sepupu Menteri Kebudayaan dan Pendidikan Dasar dan Menengah Anies Baswedan ini menjadi penjemput Muhammad Nazaruddin, yang lari ke Cartagena Kolombia. Ia menjadi penyidik sejumlah perkara yang membelit bekas Bendahara Umum Partai Demokrat itu.

Novel juga memimpin penyidikan kasus suap proyek penyesuaian infrastruktur daerah yang menyeret sejumlah politikus Senayan, salah satunya politikus Partai Amanat Nasional Wa Ode Nurhayati dan Fahd A Rafiq, Ketua Angkatan Muda Partai Golkar. Kasus ini cukup pelik karena melibatkan para petinggi Badan Anggaran yang diduga menerima suap dari pelbagai daerah untuk persetujuan pencairan dana proyek senilai Rp 7,7 triliun itu.

Novel juga menangkap tersangka korupsi, antara lain Bupati Buol Amran Batalipu dan tiga tersangka kasus suap anggaran Pekan Olahraga Nasional di Riau. Juga membongkar kasus jual beli perkara pemilukada yang melibatkan Akil Mochtar Ketua Mahkamah Konstitusi saat itu/

Novel juga menjadi motor pengusutan kasus simulator kemudi yang menyeret sejumlah petinggi Polri. Ia memimpin pengeledahan Markas Korlantas Polri di Cawang, Jakarta Timur 30 Juli 2012 dan memeriksa para perwira polisi yang jadi saksi perkara itu. Termasuk menginterogasi tersangka utama: bekas Kepala Korps Lintas Polri Inspektur Jenderal Djoko Susilo yang ketika itu menjadi Gubernur Akademi Kepolisian.

Sejak itulah, Novel Baswedan terus diincar. Ia juga kerap teror dan intimidasi. Kesalahan Novel sebagai penyidik dicari-cari. Seorang petinggi Kepolisian saat itu menuturkan, independensi Novel sebagai penyidik membuat ia tak disukai di Kepolisian. Di sebuah mailing list internal kepolisian, namanya dijelek-jelekkan karena memimpin penggeledahan di Korlantas dan memeriksa jenderal polisi aktif. Novel dicap sebagai "pengkhianat" yang "hendak menghancurkan korps".

Oktober 2012, dua hari setelah penetapan Djoko Susilo sebagai tersangka, tim dari Bareskrim Mabes Polri memburu Novel Baswedan dan berencana menangkap perwira polisi itu gedung KPK. Bareskrim berdalih, Novel adalah tersangka untuk kasus kematian tersangka pencurian burung walet di Markas Kepolisian Resor Kota Bengkulu, tempat ia bertugas sebagai Kasatserse Polres Bengkulu tahun 2004. Kasus itu membuat Novel disidang secara etik dan membuat Novel ditarik ke Jakarta serta ditugaskan sebagai penyidik KPK dari unsur Polri.

Ketegangan penangkapan Novel meledakkan hubungan KPK dan Polri dan membuat Presiden Susilo Bambang Yudhoyono turun tangan. Presiden meminta Kepolisian menghentikan pengusutan kasus Novel. (baca:Polisi: Penangkapan Novel Tak Perlu Izin Kapolri ) dan (baca:'Gawat, Kapolri Tak Tahu Anak Buahnya Kepung KPK'' )

Polisi kini membuka lagi penyidikan atas Novel setelah KPK menyidik dugaan suap dan gratifikasi Budi Gunawan, calon Kepala Polri yang pelantikannya dibatalkan Presiden Joko Widodo karena menjadi tersangka. Sejumlah personil Bareskrim terbang ke Bengkulu untuk memeriksa Irwansyah, pelaku pencurian sarang burung Walet dan memintanya bersaksi atas penembakan yang terjadi 2004 itu. (baca:Keluarga Korban Tidak Laporkan Kasus Novel )
Kepada Majalah Tempo, Irwansyah mengaku polisi bertanya hal yang sama yang pernah ditanya tahun 2012. Polisi juga minta dia bersaksi untuk itu.(Baca: Ini Kejanggalan Penetapan Novel Baswedan sebagai Tersangka) dan (baca:Polisi Berdalih Korban Novel Baru Menuntut)

Budi Gunawan kini dilantik menjadi Wakil Kepala Polri. Kasus suap dan gratifikasi yang semula ditangani KPK, kini diserahkan ke Kejaksaan Agung. Kepada Tempo, Maret lalu, Novel yang sejak November 2014 resmi pensiun dari polisi dan menjadi pegawai tetap KPK, mengaku tak khawatir dengan masa lalunya. Ia mengaku tak macam-macam sepanjang berkarier di Kepolisian. Yang ia cemaskan, kalau kesalahannya dibuat-buat. Tiba-tiba muncul kasus rekayasa. " Tapi saya siap, untuk membuka apa adanya," kata Novel Baswedan.(baca:Novel: Saya Sudah Menyangka Bakal Dikriminalisasi)

AGUSTINA WIDIARSI | MUHAMMAD RIZKI | DEWI SUCI | LINDA H
Berita Terkait
Bermalam di Bengkulu, Novel KPK Pilih Tidur di Bandara
Rekonstruksi Novel KPK, Korban Mengaku Belum Dihubungi 
Pengacara: Badrodin Bohong Mau Lepaskan Novel KPK
Rekonstruksi Batal, Novel KPK Pilih Tunggu Pengacaranya
Tak Ada Pengacara, Rekonstruksi Kasus Novel KPK Ditunda

Berita Terpopuler
Jokowi Minta Novel Tak Ditahan, Budi Waseso: Jangan Lebay!
Rekam Jejak Ini yang Membuat Novel Baswedan Diincar 
Pimpinan KPK Ancam Mundur, JK Angkat Bicara 
Jokowi Perintahkan Novel Tak Ditahan, Ini Kata Kapolri 
Bangkang Jokowi, Novel Baswedan Dibawa ke Bengkulu 
Tangkap Novel, Polri Jangan Membangkang Jokowi 
'Jokowi Minta Novel Tak Ditahan' Jadi Trending Topic 
Saking Gemuknya,Wanita Ini Diselamatkan Pakai 2 Mobil Derek
Minta Suami Dibebaskan, Istri Novel Baswedan Bikin Petisi
Eksekusi Mati di Korea Utara, Tahanan Hancur Seperti Bubuk
Tweet terkait Artikel


Sumardjo
Mardjodipo+
Mau berontak lawan Pres = lawan NKRI RT @peristiwaID: penyidik KPK Novel Baswedan ditangkap, Polisi dituding membangkang Jokowi. Koran Tempo
2h

Fadjroel Rachman
fadjroeL+
kalau tanding soal janggut, lebih panjang & lebat janggutnya Novel Baswedan Penyidik KPK lho daripada @Fahrihamzah :) pic.twitter.com/UiD2TODX36
5h

Sapu Koruptor
SapuKoruptor+
Rekam Jejak Ini yang Membuat Novel Baswedan Diincar tempo.co/read/news/2015… lewat @tempodotco #BebaskanNovelBaswedan
2h

Rahasia Negara
Intelijen_+
Selain menekan (KPK), penangkapan penyidik andalan KPK Novel Baswedan oleh Bareskrim Polri juga mempermalukan Presiden Jokowi
3h

Mova Al'Afghani
movanet+
Top story: Rekam Jejak Ini yang Membuat Novel Baswedan Diincar | -nasional- | … tempo.co/read/news/2015…, see more tweetedtimes.com/movanet?s=tnp
1h

gitaputrid
gitaputrid+
Orang kerja bener malah ditangkap RT @temponewsroom: Rekam Jejak Ini yang Membuat Novel Baswedan Diincar bit.ly/1ECPK4K
4h

BornFree!!
HendiBram+
Rekam Jejak Ini yang Membuat Novel Baswedan Diincar tempo.co/s/1662792 via @tempodotco Jangan berebut ... ndak baik
29m

Abah
Jelemasaliwat+
Ga jauh dgn samad, "hanya" gara2 KK.. "@korantempo: Rekam Jejak Ini yang Membuat Novel Baswedan Diincar bit.ly/1ECPK4K"
5h

Umar Hp
BangUmar_+
Wow !!.. Super sekali.. "@temponewsroom: Rekam Jejak Ini yang Membuat Novel Baswedan Diincar bit.ly/1ECPK4K" - @jokowi_do2 @Pak_JK
5h

IndonesiaMorningShow
IMS_NET+
Sejumlah aktivis hukum yang tergabung dlm kuasa hukum penyidik KPK Novel Baswedan menanggapi penangkapannya sbg bentuk pelemahan KPK
5h

Kintamani Wijaya
KinWijaya+
Nda isa di buka link nya min "@tempodotco: Rekam Jejak Ini yang Membuat Novel Baswedan Diincar bit.ly/1ECPK4K"
4h

Andryadi BK
andryadi+
Ini yg membuat Polisi keder thd Novel Baswedan? tempo.co/read/news/2015… @KPK_RI #savenovelbasedan
2h

#LawanKORUPTOR
wijaya_sugeng+
"@temponewsroom: Rekam Jejak Ini yang Membuat Novel Baswedan Diincar bit.ly/1ECPK4K" #SaveNovelBaswedan
2h

Yayat Biaro
yayatbiaro+
Novel Baswedan penyidik tangguh di kpk, ternyata belum cukup tangguh utk jujur pd dirinya, soal aniaya tersangka sampe mati di masa lalu
4h

Fery Andriansyah
fery_andrian+
Polri membunuh imejnya sendiri...Rekam Jejak Ini yang Membuat Novel Baswedan Diincar tempo.co/s/1662792 lewat @tempodotco
1h

Gunawan Handoko
gunhandoko+
Kalau rekam jejak BUWAS gimana, prestasinya apa?"@temponewsroom: Rekam Jejak Ini yang Membuat Novel Baswedan Diincar bit.ly/1ECPK4K"
4h

erwin
erwin_7688+
Rekam Jejak Ini yang Membuat Novel Baswedan Diincar   tempo.co/read/news/2015… via @tempodotco
18m

NEGRI KONSPIRASI
BektiSanyoto+
Hati2 TRIO BH-BG-BW.."@tempodotco: Rekam Jejak Ini yang Membuat Novel Baswedan Diincar bit.ly/1ECPK4K"
4h

Hominus Nocturna
rifkiyamani+
LAWAN!!! RT @gm_gm : Novel Baswedan, penyidik KPK yg tangguh itu, ditangkap polisi. Balas dendam para buaya. Mari bela KPK! #BelaKPK
5h

Bincang Pagi
BincangPagi+
(3) Kapolri menyebut, penangkapan thd Novel Baswedan oleh penyidik Bareskrim Polri sudah sesuai prosedur.
5h
Crowdynews
Full Screen

Tidak ada komentar:

Posting Komentar