5.04.2015

Hidup Extra





Andrew Chan dan Novel Baswedan

Mengawali minggu yg semoga penuh berkah, baik juga sikap kedua tokoh ini dlm memandang kehidupan di bawah ini untuk menjadi bahan perenungan.
Selamat beraktivitas.

------------------

Subject:Hidup Extra (I & II)
Date:Sun, 3 May 2015 09:33:53 +0000
From:melindabudihardjo

Hidup Extra (I)

"Dia (Andrew Chan) sendiri merasa sepuluh tahun lalu harus sudah mati. Maka setiap hari dia buat hidup (extra)nya berarti," kata Pendeta Daniel Pandji, seusai melayat di Rumah Persemayaman Abadi, Jl Daan Mogot, Jakarta, Kamis, 30 April 2015.

Meskipun merasa sudah tak punya harapan hidup, Chan tak pernah mengeluh kepada Daniel, pendetanya sejak 2014.

Menurut Daniel, Chan menjadi sosok yang senang membantu sesama penghuni Lapas Kerobokan. "Dia memang merasa bersalah dan (pertobatannya) dia buktikan dengan perubahan sikap," katanya.

Menurut Daniel, menjelang kepindahan Andrew ke Nusa Kambangan, dia terakhir kali bertanya " Apa yang kamu harapkan?" Andrew hanya menjawab "Ingin setiap sisa hariku berguna bagi sesama".
**************************
Syukurlah kalau Andrew insyaf akan kesalahannya, akan dampak sosial drug abuse. Syukurlah kalau Andrew sejak insyafnya 10 tahun yg lalu itu berusaha agar tiap detik hidup tersisanya, "hidup extra", jadi berarti.

Hidup Extra (II)

Anies Baswedan pernah bertanya kepada sepupunya, Novel Baswedan, soal risiko pekerjaannya sebagai penyidik KPK, dan alasan Novel begitu berani dan tidak mau kompromi terhadap upaya pemberantasan korupsi, sampai2 dia rela meninggalkan korps kepolisian yang menjadi tempatnya berkarier.

"Bang, pas masih di polisi dulu, saya ini pernah dlm tugas ada kontak senjata. Pelurunya mengenai rambut saya. Kalau saat itu saya naik dua senti saja, sudah kena di dahi dan meninggal. Jadi hidup saya ini tambahan. Hidup tambahan ini mau saya gunakan untuk berantas korupsi, itu saja," ucap Anies menirukan Novel.

Berdasarkan cerita itu, Anies menganggap kejadian yang dialami adik sepupunya tersebut merupakan bagian dari risiko pekerjaan dan perjuangan yang harus dihadapi Novel dalam upaya pemberantasan korupsi di Indonesia.

"Dia memang merasa hidup dia yg sekarang ini suatu ekstra, karena lolos dari peluru itu tadi."


Tidak ada komentar:

Posting Komentar