8.15.2014

Dana Riset


From: Boediono 

Fwd. Seko sebelah by: Arnold Djiwantapu.


Dana Riset besar untuk Jaringan TIK Masadepan

Rekan2 pemerhati TIK yang baik,

Kita mengharapkan bahwa pemerintah yang baru akan terbuka cakrawala mereka untuk menggelontorkan dana riset sedemikian rupa sehingga Indonesia dapat mengikuti secara minimal perkembangan industri TIK dan tidak hanya dikejutkan atau disodori perangkat baru oleh vendor.
Lebih bagus lagi apabila kemudian hasil dari Riset Nasional tersebut dapat ditinjaklanjuti oleh industri manufaktur kita sehingga bisa sebagian atau seluruhnya digunakan oleh para pemangku kepentingan TIK, seperti para operator TIK (jaringan dan jasa), maupun pengguna akhir.

Tanpa dana Riset yang besar (melimpah) Indonesia akan terus tertinggal dan menjadi pasar saja.
Di Korea Selatan perusahaan TIK seperti Telkom dsb diminta menyisihkan 20% anggarannya untuk riset, dan didukung pemerintah sebanding. Pemerintah India juga mengalokasikan dana riset besar, baik untuk pengembangan sentral, satelit komunikasi dan pemantauan, dan juga roket peluncur.

Lihat isi dari tautan di bawah ini betapa besar tantangan yang ada di depan kita, dengan perangkat terminal yang saling tersambung TIK akan 1000 kali jumlah penduduk pada 2020, yaitu saat tercapai Konvergensi Puncak dari semua jaringan,'Towards Ultimate Convergence of All Networks'. (TOUCAN) pada tahun 2020. Kebanyakan akan menggunakan yang disebut Jaringan yang Dikendalikan Piranti Lunak, Software Defined Networking, yang dapat menggunakan pita frekuensi secara sangat efisien untuk nir-kabel maupun penyaluran dalam kabel. Semuanya sudah era pitalebar yang menjadi keharusan mutlak untuk mencapai kualitas kebutuhan.

Multi-Million Research Grant Will Revolutionise Future Communication Networks

Tidak ada komentar:

Posting Komentar