8.15.2014

Baik benar presidennya ......


From: A.Syauqi Yahya 


Kamis, 14/08/2014 15:48 WIB

Soal APBN 2015, CT: Kita Tidak Ingin Menyandera Pemerintahan Mendatang

Mega Putra Ratya - detikFinance

Chairul Tanjung, Menko Perekonomian
Jakarta - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) besok dijadwalkan membacakan pidato tentang Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) 2015 beserta Nota Keuangannya. Chairul Tanjung, Menko Perekonomian, menegaskan RAPBN 2015 hanya akan mengatur hal-hal yang mendasar karena tidak ingin menyandera pemerintahan baru.

"Kita hanya sampaikan yang basic aja kepada DPR. Kita tahu bahwa yang menjalankan APBN ini adalah pemerintahan yang akan datang," kata CT, sapaan Chairul Tanjung, di komplek Istana Negara, Jakarta, Kamis (14/8/2014).

Pemerintahan Presiden SBY, lanjut CT, hanya akan memasukkan sejumlah hal yang mendasar seperti belanja pegawai atau anggaran pendidikan 20%.

"APBN walau cuma keuangan tapi itu sama saja dengan action plan. Sangat tidak baik kalau kita masukkan segala macam, seolah-olah kita mendikte pemerintahan akan datang," tuturnya.

Jika presiden yang sudah terpilih secara definitif nantinya mau mengubah APBN 2015, CT mempersilakannya. "Saya persilakan, mau diubah di awal tahun juga silakan. Kita beri keleluasaan, kita tidak ingin menyandera," tegasnya.

RAPBN 2015, tambah CT, memang agak berbeda dengan yang sebelumnya. Pembahasan di DPR juga harus berlangsung cepat, karena akhir September sudah akan masuk para wakil rakyat baru.

"DPR yang sekarang akan berakhir pada akhir September, 1 Oktober sudah yang baru. Jadi ini masalahnya tidak se-simple seperti APBN yang sebelum-sebelumnya," sebut CT.

Ketika sudah ada presiden yang definitif, demikian CT, Presiden SBY akan membuka ruang diskusi. Bahkan Presiden SBY akan memberikan arahan yang sifatnya strategis.

"Presiden SBY sudah sampaikan dalam hitungan hari beliau akan undang presiden terpilih untuk bicarakan hal-hal strategic. Termasuk di dalamnya adalah APBN 2015. Jadi ini beda, tidak seperti sebelum-sebelumnya. Baik benar presidennya dan dia sudah kasih guidance. Termasuk penggantian BUMN strategis pun beliau akan bicara," ungkap CT.

--

Tidak ada komentar:

Posting Komentar