12.24.2008

gudeg "KODIM" magelang

Iklan tentang kenikmatan gudeg kodim selalu menggelitik telinga tetapi susah sekali mengatur waktu untuk mencobanya. Karena harus pagi2 kesitu, siang sedikit udah abis.
Akhirnya ada juga kesempatan untuk mencobanya. Kebetulan ibu mertua agak kurang enak badan dan dokter langganannya adalah dokter Murni. Dokter yg buka praktek di kawasan Kesatrian depan Kodim situ.
Dokter Murni buka jam 8 pagi, ok lah sampai di dokter Murni, ibu saya tinggal.. Saya sarapan ke warung gudeg. He3.

Ternyata lokasi warung gudeg'nya di depan persis gerbang rumah Bambang Gundul teman SMA dulu yg bokapnya dulu tentara dan punya rumah dinas disitu.
Cukup lumayan ramai yg jajan dan saya pengen mencoba bubur gudeg'nya. Oh walah bubur'nya sudah habis.
Ok nasi gudeg krecek bersama suwir ayam kayaknya awal yg bagus untuk mencoba rasa masakan gudeg yg kondang di daerah Magelang bag utara ini.
Ternyata oh ternyata rasa gudeg'nya itu teramat manis sekali, bahkan melebihi manisnya gudeg Jogja misal gudeg Yu Jum. Walau manis seperti kolak begini rasanya benar-benar gurih dan enak. Yang khas dari gudeg ini adalah penampilannya yg mirip "jangan gori" (sayur nangka) tapi rasa gudeg. Seperti kita tahu sayur nangka biasanya dipotong besar-besar dan isinya (beton muda) disertakan juga. Gudeg kodim ini lebih empuk dari sayur nangka dan beton'nya jg enak dimakan.
Setelah mencoba gudeg ini saya membungkus buat oleh2 istri di rumah. Cukup 12rb untuk 1piring gudeg krecek suwir dan bungkus 1 sayur gudeg bersama krecek.

cukup rekomended buat yang pengen merasakan gudeg yg rasa dan penampilannya agak lain.

oya, buat yg belum tahu lokasi warung gudeg ini. Lokasinya di depan kantor Kodim persis. Dari arah lapangan badaan ke timur menuju RST, warung ada di kanan jalan, kantor kodim ada di kiri jalan.
soni magelang

2 komentar:

  1. Son, gudegnya bikin ngiler... hmmm... ini salah satu menu fave ku..

    BalasHapus
  2. Anonim3/12/2009

    halo, saya alumni smp 1 thn 97, wkwkwk udah tua ya..., btw.., tuh gudeg emang udah terkenal ya..., soalnya tiap pulang mgl pasti aku beli..., soalnya aku rumahnya di kalisari, depan rst...
    eh, mas soni angkt tahun brp ya?

    BalasHapus